Artikel Populer

12 Bankai Terkuat Di Anime Bleach

Apa Itu Shikai Dan Bankai ?

Apa Itu Shikai Dan Bankai ?


Shikai

Shikai (始解, Pelepasan Awal) adalah bentuk kedua (atau pengembangan pertama) dari keadaan awal menjadi sebuah Zanpakutō. Untuk mengaktifkannya, Shinigami harus mempelajari nama dari Zanpakutō-nya. Hal ini tidak semudah memberi nama, untuk roh yang mendiami sebuah Zanpakutō sudah memiliki namanya sendiri. Shinigami harus mampu berkomunikasi dan berharmonisasi dengan Zanpakutō mereka secara efektif, yang dibutuhkan untuk bisa bicara pada roh didalam dunianya.[45]
Pedang berubah bentuk dan mendapat kemampuan khusus dengan merapal Kaigo, atau mantra pelepasan. Dengan menggunakan Kaigo, diikuti dengan nama dari Zanpakutō, akan mengaktifkan Shikai. Penting untuk mengingat setiap kata, setiap Zanpakutō mempunyai kalimat perintah yang berbeda.
Perintah pelepasan beragam diantara pengguna dan rentang dari sebuah kalimat penting yang mudah sampai sebuah puisi. Mereka sering menghubungkannya dengan kemampuan bawaan Zanpakutō atau isyarat dari sifat rohnya. Langkah ini bisa dilangkahi oleh Shinigami tingkat atas yang sudah mempelajari bagaimana menggunakan Bankai mereka. Kadang, Shinigami yang tidak mempelajari Bankai bisa merilis Zanpakutō hanya dengan mengatakan namanya.
Pencapaian Shikai adalah sebuah tanda untuk pengendalian Zanpakutō, dan itu menjadi syarat untuk peningkatan dalam tingkat Shinigami, untuk kebanyakan pemilik kursi bisa melakukan Shikai. Hal ini diperlukan untuk mencapai tingkat letnan, untuk sebuah syarat yang semua kapten inginkan.

Bankai

Bankai (卍解, Pelepasan Akhir) adalah pengembangan kedua dan terakhir dari sebuah Zanpakutō. Untuk mencapai Bankai, seseorang harus bisa mewujudkan dan menundukkan roh Zanpakutō mereka. Materialisasi berarti berlawanan dari masuk kedalam dunia batin Zanpakutō: pemilik harus memanggil roh Zanpakutō ke dunia nyata. Hal ini biasanya memerlukan 10 tahun atau lebih untuk mencapainya, ditambah pengalaman dibutuhkan untuk menguasainya.
Kekuatan dan bentuk Shikai dan Bankai tergantung dari suatu Zanpakutō, serta berdasarkan kekuatan dan latihan pemiliknya. Tapi secara umum, tingkat kekuatan seseorang akan meningkat 5 s/d 10 kali lebih besar dengan mencapainya. Hanya Shinigami terkuat yang bisa menggunakannya, dan itu adalah teknik terhebat dari sebuah Zanpakutō. Bahkan empat keluarga bangsawan, yang anggotanya seudah dipastikan bertalenta, hanya memiliki satu anggota yang bisa menguasai Bankai setiap beberapa generasi. Siapa yang mendapatkan Bankai selalu memiliki peran yang membekas dalam sejarah Soul Society.
Ichigo Kurosaki dan Kisuke Urahara adalah perseorangan yang diketahui telah mencapai Bankai dalam waktu singkat, namun menggunakan meteode yang lebih berbahaya. Dengan memakai alat khusus yang diciptakan Urahara, yang memaksa materialisasi roh Zanpakutō (hal ini melangkahi sejumlah besar porsi latihan), mereka mampu mendapatkan Bankai dalam tiga hari walau normalnya mencapai ratusan tahun. Setelah berhasil mencoba alat itu dan mendapatkan Bankai, Urahara menyatakan kalau latihan dengan cara seperti ini lebih dari tiga hari akan mengakibatkan kerusakan fatal, karena hal inilah Ichigo terpaksa harus mendapat Bankai-nya hanya dalam tiga hari.
Kelemahan: Kelemahan terbesar dari Bankai adalah menipu dengan sejumlah kekuatan luar biasa saat dilepaskan. Kekuatan dan bentuknya sering diluar bayangan dari sebuah senjata biasa, itulah mengapa seseorang harus berlatih paling tidak 10 tahun memakai Bankai dengan maksud agar mampu untuk menggunakannya secara penuh dan efektif. Tidak ada Bankai yang bisa digunakan bertarung sebelum periode waktu ini tercapai. Bankai yang rusak tidak akan pernah bisa dikembalikan ke keadaan awalnya. Pengecualian hal ini adalah Bankai Kapten Sajin Komamura dia dan Bankai-nya berbagi ikatan yang sangat kuat, ketika satu terluka, yang lain juga menerima dampaknya, sehingga Bankai-nya akan pulih ketika Kapten-nya juga pulih. Bentuk dan kekuatan Bankai tergantung berapa banyak roh menerima pengendalinya. Jika Zanpakutō-nya tidak sepenuhnya menerima pengendalinya, maka mungkin saja tidak akan memberikan nama Bankai sejatinya. Hasilnya sebuah Bankai tidak dalam bentuk sejati dan karena itu menjadi lebih lemah.

Komentar