Artikel Populer

12 Bankai Terkuat Di Anime Bleach

15 Rekomendasi Anime Action Fantasy Terbaik

Image result for anime action

Genre anime yang satu ini jarang ada yang membahas, ya paling tidak seperti itu ketika saya mencoba mencari dengan kata kunci 'rekomdenasi anime fantasy' dan sejenisnya. Yang muncul hanya beberapa dan itu pun situs luar. Setelah sebelumnya saya membuat artikel 21 Rekomendasi Anime Komedi, kali ini saya akan memberikan rekomendasi anime action fantasy paling menakjubkan.

Fantasi atau Fantasy (terserah mau pakai yang mana) dalam anime biasanya adalah genre anime yang menggunakan tema sihir, supranatural, dunia impian, dan khayalan sebagai salah satu elemen cerita termasuk keberadaan sesuatu yang masih mitos atau sekedar fiksi belaka. Biasanya anime bergenre ini tidak lepas dari genre action, dimana menceritakan sebuah pertarungan dalam dunia fantasy menggunakan sihir atau hal-hal berbau supranatural. Itulah mengapa saya memberikan Rekomendasi Anime Action Fantasy Paling Menakjubkan.

Berdasarkan kepuasan saya menonton berbagai anime action fantasy, saya berikan rekomendasi 15 anime rekomendasi yang paling menakjubkan. Perlu saya tekankan, ini adalah list berdasarkan pendapat saya, silahkan jika ingin berbagi pendapatmu di kolom komentar.

15. Blade & Soul 

anime fantasy adaptasi game rpg
Genre: Action, Adventure, Fantasy, Martial Arts | Rilis: 4 April 2014 | Rating: R
Berkisah tentang Alka, mantan klan Tsurugi, yang dihantui oleh ingatan masa lalunya sebagai pembunuh. Dalam perjalanan dia berjumpa dengan teman-teman yang awalnya ingin membunuhnya. Meski tak perlu membunuh lagi, Alka tetap harus membunuh untuk bertahan hidup.

Diadaptasi dari game MMORPG besutan NCSoft dengan judul yang sama, anime ini menyuguhkan fanservice yang cukup banyak, terlebih karakter yang ada mayorias wanita berdada besar. Aksi pertempuran yang ada juga cukup keren, hanya saja mungkin kurang dalam pengembangannya dan terkadang membosankan. 

14. Kuroshitsuji (Black Butler)

anime fantasy demons
Genre: Action, Comedy, Demons, Fantasy, Historical, Shounen, Supernatural | Rilis: 3 Oktober 2008
Berpusat pada cerita Ciel Phantomhive dan pelayannya Sebastian. Ciel memang masih bocah tetapi sifatnya seperti seorang bangsawan yang angkuh dan sombong sehingga dibenci orang lain. Sebastian sendiri adalah iblis, dia bersedia menjadi pelayan Ciel karena nantinya akan mendapatkan jiwa Ciel.

Latar ceritanya adalah Inggris ketika masih dikuasai oleh Ratu Victoria dan Ciel adalah "anjing penjaga" ratu yang bertugas menjaga stabilitas dari "sisi lain" negeri itu. Sebastian sendiri adalah pelayan yang serba bisa, semua pekerjaan rumah dia lakukan tanpa cacat sedikitpun. Ciel membuat kontrak dengan Sebastian dengan jiwanya sebagai bayaran adalah untuk menemukan pembunuh orang tuanya, jadi ketika pembunuh orang tuanya sudah ditemukan maka jiwa Ciel akan dilahap oleh Sebastian. 


Baca Juga >> 16 Buah Iblis Terkuat Di One Piece


13. Maka Ouji: Devils and Realist 

anime fantasy penguasa dunia iblis
Genre: Comedy, Demons, Fantasy, Historical, Mystery, Shoujo, School, Supernatural | Rilis: 8 Juli 2013
Bercerita seputar William, anak dari keluarga bangsawan dengan kecerdasan tingkat tinggi. Suatu hari pamannya bangkrut dan demi menjaga nama baik keluarganya, dia bersama pelayannya mencari apapun yang bisa digunakan dan dijadikan uang. Dalam pencarian itu dia menemukan sebuah ruangan bawah tanah peninggalan leluhurnya yang terdapat segel sihir. Secara tak sengaja William memanggil iblis bernama Dantalion, dan si iblis berkata bahwa William adalah orang yang terpilih untuk mengendalikan dunia iblis.

Anime ini dikemas dengan jokes yang menyenangkan, dan bisa dibilang ini anime ringan tetapi tetap layak tonton. Ceritanya unik, dimana seorang dengan kecerdasan tingkat tinggi yang tidak percaya akan hal-hal gaib tiba-tiba saja mendengar dirinya ditakdirkan menjadi penguasa dunia iblis dari iblis itu sendiri. Feelsnya tetap bisa dirasakan meski tanpa adegan romantis, atau mungkin ada tapi bagi penonton cewek.

12. Berserk 

anime fantasy jadul terbaik
Genre: Action, Adventure, Demons, Drama, Fantasy, Horror, Military, Romance, Seinen, Supernatural | Rilis: 8 Oktober 1997 | Rating: R+
Berserk berlatar di era abad pertengahan. Kisah kegelapan dari seorang pria yang berjuang untuk menemukan jalan hidupnya sendiri, dengan melewati berbagai tragedi yang tak terbayangkan yang menjadi permulaan penentuan takdir.

Tokoh utama anime ini, Guts adalah tentara bayaran muda yang terlarhir dari mayat ibunya. Medan perang adalah tempat dimana dia mempertahankan hidup. Sampai pada akhirnya dia bertemu dengan Griffith, pemimpin kelompok tentara bayaran, Band of Hawk. Dengan sebuah taruhan Guts akhirnya bergabung dengan Griffith. Mereka akhirnya menjadi orang yang sangat dihormati di seluruh kerajaan hingga suatu hari mereka bertarung dengan seorang immortal yang tergabung bersama musuh. Mereka saling membantu dan nyaris mati, sang immortal yang hendak membunuh mereka berkata bahwa persahabatan Guts dan Griffith suatu saat akan berubah menjadi permusuhan, dan tidak jadi membunuh mereka berdua.

Berserk adalah satu-satunya anime 1990-an yang masuk di list ini, anime ini menyajikan sesuatu yang menarik dengan perspektif yang mendalam di cerita. Pengembangan yang ada membuat anime ini bisa dinikmati. Tetapi anime ini bukanlah anime ringan, dan memiliki unsur kebrutalan dan dipenuhi dengan adegan berdarah. Pastikan usiamu mencukupi sebelum menonton anime jaman jebot ini.  

11. Shingeki no Kyojin (Attack on Titan)

anime fantasi tentang monster
Genre: Action, Drama, Fantasy, Shounen, Super Power | Rilis: 7 April 2013 | Rating: R
Berkisah mengenai manusia yang mempertahankan hidupnya di dalam dinding raksasa berlapis dari serangan Titan raksasa. Hingga suatu hari, Titan Kolosal yang memiliki ukuran paling besar dari jenis titan lain (dan tingginya melebihi dinding) muncul dan menghancurkan dinding, sehingga titan-titan berukuran kecil (bagi manusia tetaplah besar) masuk dan memakan manusia.

Eren Jeager, tokoh utama anime ini harus kehilangan ibunya karena sudah terbunuh oleh titan, mulai saat itu dia memutuskan bergabung dengan militer dan menjadi bagian dari Recon Corps yang ditugaskan khusus berada di luar dinding. Para militer dipersenjatai dengan 3D Manuver Gear, perlengkapan yang dikembangan manusia dengan lingkup gerak yang luas untuk membunuh titan dengan target leher belakang titan. 

Anime ini pernah menjadi booming pada tahun 2013, dan mungkin saking boomingnya akan banyak yang bilang anime ini overrated, seperti halnya anime booming lainnya. Tetapi bagi saya anime ini dipenuhi dengan aksi, ketegangan, keterlibatan karakter dan cerita yang disuguhkan pun patut untuk diikuti. Selain itu anime ini juga menyuguhkan drama yang mengharukan serta misteri yang membuat kita mencoba untuk memecahkannya.

10. Akame ga Kill!

anime fantasi kerajaan
Genre: Action, Adventure, Fantasy | Rilis: 7 Juli 2014 Rating: R
Berlatar belakang kerajaan yang di pimpin oleh raja yang masih bocah dan perdana menteri yang licik, yang bisa dibilang perdana menteri inilah pemimpin dibalik bayangan negeri ini. Perdana menteri memimpin negeri ini dengan sewenang-wenang sehingga memunculkan pemberontakan. Pihak pemberontak memiliki kelompok khusus pembunuhan dari pejuang revolusi yang disebut Night Raid.  Bisa dibilang Night Raid ini adalah kelompok khusus dari pejuang revolusi yang melakukan hal-hal kotor demi keberhasilan revolusi.

Tatsumi yang secara tidak sengaja terlibat dengan misi Night Raid kemudian menjadi anggota kelompok ini dan bertarung demi revolusi negeri. Dia pergi dari desanya membawa harapan dari orang-orang di desa, dan demi membalaskan kematian kedua temannya di tangan kerajaan.

Terlepas dari banyaknya adegan gore, anime ini layak untuk ditonton. Berbagai kemampuan senjata yang dimiliki masing-masing karakter memiliki keunikan masing-masing dan setiap karakter memiliki sisi gelap, kecuali Tatsumi. Selain itu anime ini juga menyajikan kisah romansa cinta segitiga antara tokoh utama, rekan setimnya dan antagonis dalam seri ini.

9. Mushibugyou

rekomendasi anime fantasi samurai
Genre: Action, Fantasy, Historical, Martial Arts, Shounen, Samurai, Super Power | Rilis: 8 April 2013
Mushibugyou berlatar belakang jaman feodal di Jepang. Orang-orang di Edo berada di bawah kepungan serangga raksasa yang merusak. Dengan alasan itulah kantor pembasmi serangga didirikan yang disebut Mushibugyou.

Ceritanya berfokus pada Tsukishima Jinbee, pria muda yang berjuang menjadi pendekar seperti ayahnya. Untuk menebus kesalahannya, dia mencoba menggantikan tempat ayahnya di kantor pembasmi serangga. Dalam perjalanan menuju ke sana, layaknya tokoh utama dalam sebuah anime, dia tersesat dan bertemu dengan Haru, gadis muda yang membantu keluarganya mengelola warung minum.

Anime ini bisa dibilang tidak terlalu populer, tetapi sebenarnya layak ditonton andaikan kita menontonnya dengan kesabaran. Akan ada banyak cerita pengantar, sebelum masuk ke cerita utama. Tentu saja, fanservice juga akan ada di anime ini.



8. Magi: Sinbad no Bouken (TV)

rekomendasi anime sihir magic
Genre: Action, Adventure, Fantasy, Magic, Shounen | Rilis: 16 April 2016
Meski anime ini hanya spin-off dari seri utamanya, Magi: Labyrint of Magic, anime ini tetap layak masuk list ini. Berkisah tentang Sinbad, yang merupakan tokoh dari dongeng timur tengah, Arabian Night. Dalam seri ini, Sinbad adalah pendiri Kerajaan Sindria, kerajaan paling damai dalam seri Magi. Selain raja, dia juga merupakan penakluk dungeon yang telah menaklukan tujuh dungeon dan merupakan salah satu kandidat raja.

Cerita utama dari Magi adalah petualangan Alibaba, Aladdin dan Morgiana dalam menaklukan dungeon dan berkeliling dunia untuk meningkatkan kemampuan mereka. Aladdin dan Sinbad bertemu dengan Sinbad ketika mereka melakukan pernjalanan menuju Balbadd, dimana Sinbad dalam kondisi tak berbusana. Sedangkan di spin-off ini, mengisahkan tentang petualangan masa kecil Sinbad dalam menaklukan dungeon dan mengumpulkan aliansi.

Bagi kalian yang sudah pernah menonton Magi, sudah tidak asing dengan Sinbad lagi, betapa sempurnanya dia dalam seri itu. Apakah dia memang sehebat itu sewaktu kecil, ataukah dia melakukannya dengan kerja keras?. Anime ini akan menjawabnya. Dijamin, anime ini tidak akan mengecewakan kalian yang telah menonton seri utamanya.  

7.  Ao no Exorcist (Blue Exorcist)

rekomendasi anime pemburu iblis
Genre: Action, Demons, Fantasy, Shounen, Supernatural | Rilis: 17 April 2011
Manusia dan iblis adalah dua sisi dari koin yang sama, paling tidak seperti itu jika merujuk anime yang satu ini. Layaknya dunia Assiah dan Gehenna, dimana manusia hidup di dimensi yang disebut Assiah dan Gehenna merupakan dimensi dimana para iblis tinggal. Seperti dunia nyata, satu-satunya cara iblis mampir ke dunia manusia adalah dengan memasuki tubuh manusia. Satan, sang penguasa Gehenna tidak pernah menemukan tubuh manusia yang cocok untuk dia rasuki, sehingga dia memutuskan untuk mengirimkan anaknya.

Si anak inilah yang merupakan karakter utama anime ini, manusia keturunan Satan sang raja iblis yang awalnya dikirim untuk membantu Satan untuk menguasai dunia manusia malah justru melawan balik dirinya. Rin Okumura, yang merupakan anak Satan akhirnya memutuskan menjadi exorcist (pemusnah iblis).

Daya tarik utama anime ini adalah art yang keren, dan tentu saja cerita yang luar biasa. Pertempuran yang disajikan juga bisa dibilang keren. Bagi para pecinta anime action fantasy dengan latar belakang exorcisme anime ini layak dicoba.

6. Soul Eater

anime sekolah sihir terbaik
Genre: Action, Adventure, Comedy, Fantasy, Shounen, Supernatural | Rilis: 7 April 2008
Soul Eater adalah nama (atau julukan) dari tokoh utama yang merupakan manusia yang bisa berubah menjadi senjata, sebut saja Weapon yang berwujud Sabit. Dia adalah murid dari sekolah yang mendidik para Meister (pengendali senjata) dan Weapon untuk melawan kejahatan yang ada di dunia, terutama yang menyangkut sihir, senjata iblis dan roh.

Setiap senjata tentu memiliki pengendalinya, bisa dibilang rekan. Rekan dari Soul Eater adalah Maka Albarn. Komplotan lain yang selalu dekat dengan mereka adalah, Black Star yang merupakan rekan dari Tsubaki, dan Death The Kid yang menjadi pengendali dari si kembar bersaudara Liz dan Patty.

Anime action fantasy yang satu ini sangat bisa dinikmati. Berlatar sekolah pengendali senjata iblis yang dikepalai oleh Shinigami, dan petualangan Soul Eater Evans bersama Maka Albarn membasmi para kishin (manusia yang memburu roh yang tidak bersalah), dengan ancaman Kishin generasi pertama akan dibangkitkan yang membuat Shinigami mau tidak mau turun tangan. Tidak hanya cerita yang menarik, tetapi juga berbagai kemampuan bertarung yang ditunjukkan juga keren, seperti Soul Resonance dimana gelombang jiwa pengendali mengirimkannya ke senjata dan setelah itu dikembalikan lagi ke pengendali sehingga kemampuan bertarung mereka meningkat. 

5. Zetsuen no Tempest (Blast of Tempest)

anime action terbaik
Genre: Action, Drama, Fantasy, Magic, Mystery, Psychological, Shounen | Rilis: 5 Oktober 2012
Mengisahkan cowok remaja bernama Takigawa Yoshino yang diam-diam berpacaran dengan adik Mahiro, yang merupakan sahabatnya. Tiba-tiba saja Aika, yang merupakan pacar Yoshino mati membuat Mahiro mengalami kekecewaan yang mendalam dan bertekad mencari siapa yang bertanggung jawab atas kematiannya dan akan balas dendam.

Dalam petualangan mereka mencari siapa pembunuh Aika, mereka bertemu dengan Kusaribe Hakaze dan meminta bantuannya untuk mencari pembunuh Aika.

Cerita anime penuh dengan teka-teki yang mengharuskan penonton berpikir keras, intinya penuh permainan pikiran dengan bumbu kisah cinta romansa. Grafik animasinya begitu memanjakan mata. Bagi kalian yang suka anime teka-teki, anime ini wajib kalian tonton.

4. Fate/stay Night: Unlimited Blade Works

anime action terbaik
Genre: Action, Fantasy, Magic, Shounen, Supernatural | Rilis: 12 Oktober 2014 | Rating: R
Menceritakan tentang 7 servant yang bertarung dalam perang Holy Grail. Holy Grail adalah cawan suci yang dalam legenda dikatakan dapat mengabulkan segala permintaan. Para servant ini dipanggil oleh para penyihir maupun keturunan penyihir yang disebut sebagai Master. Ke-tujuh servant tersebut adalah Saber, Archer, Lancer, Caster, Rider, Berserker dan Assassins.

Tokoh utama ini adalah Emiya Shirou, yang bukan merupakan penyihir dan bukan keturunan penyihir melainkan anak angkat dari kontestan perang Holy Grail sebelumnya, yaitu Emiya Kiritsugu. Shirou hanya dapat melakukan sihir penguat yang berasal dari ayahnya, yang akhirnya bisa melakukan sihir proyeksi yang memunculkan pedang. Bersama tokoh utama wanita di seri ini, Tohsaka Rin, dia bertekad untuk mengakhiri perang Holy Grail.

Anime ini diadapatsi dari Visual Novel yang dirilis untuk PC pada tahun 2004 dan menjadi salah satu VN paling terkenal pada saat itu. Adaptasi pertama animenya berjudul Fate/stay Night sudah dirilis tahun 2006 yang lalu sedangkan Fate/stay Night: Unlimited Blade Works dirilis tahun 2014. Perbedaan mencolok antara versi 2006 dan Unlimited Blade Works tentu peningkatan grafisnya, lebih enak dipandang, dan efeknya lebih wah, dan ada alur yang sedikit berbeda.


Baca Juga >> 7 Pendekar Pedang Terhebat Di One Piece

3. Fate/Zero

rekomendasi anime fantasy terbaik
Genre: Action, Fantasy, Supernatural | Rilis: 2 Oktober 2011 | Rating: R
7 Servant yang terdiri dari berbagai mitologi dan zaman yang berbeda di seluruh dunia dipanggil ke dalam satu zaman dimana bertujuan untuk memenangkan perang memperebutkan Holy Grail, yang menurut legenda dapat mengabulkan berbagai permintaan. 7 Servant ini dipanggil oleh masternya yang kemudian menjalin kontrak dan harus patuh terhadap semua perintah masternya. Ke-tujuh servant tersebut adalah Saber, Archer, Lancer, Caster, Rider, Berserker dan Assassins. Dalam Fate/Zero, perang Holy Grail ini adalah yang keempat, sebelum cerita dari seri utama Fate/stay Night.

Bagi kamu yang suka dengan gambar dan grafis animasi yang wah, Fate/Zero harus kamu tonton. Setiap pertarungan antara master dan servant begitu memukau, efek-efek yang ada begitu memanjakan mata. Setiap Noble Phantasm (senjata dan kemampuan yang dimiliki oleh roh pahlawan) dari para servant memiliki keunikan dan keindahan masing-masing. 

Cerita dari Fate/Zero juga sangat memuaskan. Hanya satu hal yang mungkin bisa mengecewakan, yaitu akhir ceritanya. Jika tidak ingin kecewa dengan akhirnya, mungkin kamu bisa nonton film ini dulu baru Fate/stay Night. Tetapi secara keseluruhan, anime ini luar biasa dengan episode awal kurang lebih satu jam untuk menjelaskan permulaan perang Holy Grail keempat. sehingga akan membuatmu lebih tertarik untuk menonton sampai selesai.

2. Fullmetal Alchemist: Brotherhood

anime fantasy terbaik
Genre: Action, Adventure, Drama, Fantasy, Magic, Military, Shounen | Rilis: 5 April 2009 | Rating: R
Anime yang sampai saat ini terus mempertahankan posisinya di 3 besar anime dengan skor tertinggi di MyAnimeList ini memang sudah tidak perlu diragukan lagi, terutama dalam hal action-nya. Mengisahkan dua bersaudara yang harus kehilangan anggota tubuhnya karena mencoba menghidupkan ibunya dari kematian dan tidak berhasil. Edward Elric menyadari bahwa ia telah melakukan hal yang terlarang, sehingga dia sampai kehilangan lengan kanan dan kakinya, sedangkan Alphonse Elric harus kehilangan semua tubuhnya tetapi dia mampu memasukkan jiwa Alphonse ke baju besi.

Mereka berdua pun merasa hancur tetapi dengan memiliki harapan tubuhnya akan bisa kembali seperti semula, dia mengganti lengan dan kakinya menggunakan logam yang disebut automail dan dia mengikut tes alchemist kenegaraan dan lulus sebagai alchemist kenegaraan termuda.

Untuk animasinya, FMA: Brotherhood tentu lebih baik dari FMA versi sebelumnya. Lantas, apakah animasi saja cukup untuk membuat anime ini menjadi yang terbaik? tentu tidak. Dilihat dari sisi cerita, alur ceritanya maju, tidak ada cerita selingan semacam filler yang dapat membuat bosan penonton. Cerita untuk adaptasi FMA: B terkesan lebih ringan ketimbang adaptasi yang pertama. Meski terkesan lebih ringan, anime tetap cocok untuk berbagai kalangan.

1. Magi (The Labyrint of Magic & The Kingdom of Magic)

anime fantasy paling seru
Genre: Action, Adventure, Fantasy, Magic, Shounen | Rilis: 6 Oktober 2013 | Rating: R
Mengisahkan petualangan Aladdin (tokoh yang didasarkan bada cerita negeri 1001 malam) bersama kedua sahabatnya Alibaba dan Morgiana ke berbagai belahan dunia untuk menjaga kedamaian. Aladdin adalah salah satu dari empat Magi yang ada di dunia dan merupakan seorang penyihir sedangkan Alibaba adalah pemilik dari Jin Amon, karena dia telah berhasil menaklukan dungeon, dia juga merupakan kandidat raja yang dipilih oleh Aladdin.

Mereka berdua pertama kali bertemu ketika Alibaba bekerja sebagai kusir gerobak. Dalam petualangan, mereka bertemu dengan salah satu manusia dari klan yang memiliki fisik lebih kuat dari manusia pada umumnya (Fanalis) yang bernama Morgiana. Morgiana ketika itu merupakan budak dari Jamil. Ketika itu Jamil menggunakan Morgiana dan Goltas untuk membantunya menaklukan dungeon meski gagal, karena Aladdin-lah yang berhasil menaklukan dungeon.

Latar belakang kisah ini adalah dunia dimana sihir berperan penting dalam keberlangsungan suatu negeri. Para raja yang ada biasanya merupakan kandidat raja yang dipilih oleh para Magi dan merupakan penakluk dungeon. Dengan pentingnya peran sihir dalam menjalankan sebuah pemerintahan, muncul berbagai konflik akibat dari sihir mulai faktor ekonomi, politik, diskriminasi dan balas dendam. Bahkan ada satu tempat dimana sihir menjadi penggerak utama dalam kerajaan yang disebut Magnostadt, di mana manusia biasa merasakan diskriminasi dengan dijadikan alat untuk menghasilkan energi sihir sebanyak-banyaknya.

Animasinya sangat bagus, latar tempat digambarkan dengan begitu menakjubkan. Berbagai tempat yang ada memberikan kesan masing-masing dan menjadi nilai tersendiri untuk anime ini. Konspirasi yang ada layaknya dunia kita, dimana pemimpin merupakan sebuah boneka yang dikendalikan oleh segelintir orang dari bayang-bayang. Untuk ceritanya, sangat memuaskan, terutama pada seri ke-dua.


~ Terima Kasih Telah Mengunjungi Blog Saya Dan Bye Bye ~

Komentar